"ZAMAN NOW" : Kabur Dari Medsos ?

Manusia zaman now terlalu disibukkan dengan gadget dan medsos. Di rumah, di kampus, di kantor, di jalan, di halte, di angkot dll, termasuk gw -_-
Sebenernya gak penting-penting banget, karena yang dibuka cuma itu-itu aja, scroll instagram, LINE, snapgram , status-status di WA, di BBM dan medsos lainnya. Waktu terbuang gitu aja hanya untuk liatin layar HP, masih mending klw  untuk jualan, bisnis, dakwah dan posting konten-konten yang bermanfaat untuk ummat, lah gw ? kebanyakan cuma nge-scroll  postingan orang lain yang ujung-ujungnya bikin iri. Hingga akhirnya gw mikir I must change ! *tring..bintang-bintang dan kunang-kunang berterbangan dikepala gw*
Bukan hal yang mudah bagi gw untuk keluar dari "comfort zone" ini, gw sangat berjuang untuk keluar dari dilema medsos, paling tidak ngurangin aktivitas medsos gw lah,  yang tadinya sering nyampah dengan bikin snapgram se-abreg, update di WA / BBM , gw tobat dah, gw kurangin dikit2 karena  gak ada manfaatnya. Esensinya apa coba? haduhh alay banget gw -_-
 
Stepnya bertahap coy, mulai dari kebiasaan gw di rumah. Biasanya gw ngecek  medsos  pagi2 sebelum mandi, lumayan betah tuh, 15-30 menit gw mantengin HP doang, gw ubah bad habit itu, pagi2 sebelum mandi gw masih ngecek medsos sih, cuma kali ini yang pentingnya aja, gw cuma buka WA, kali aja ada chat yang super duper penting dan urgent, misalnya dari Kantor. Gak nyampe 5 menit tuh ..cuss gw mandi
manfaatnya : gw jadi gak gurungusuh (red: buru-buru) klw berangkat ngantor, karena waktu terasa lebih luang, secara gw punya waktu lebih sekitar 20menitan. Alhamdulillah ..
Malam sebelum tidur, biasanya gw cek medsos lagi, kali ini lebih lama dari pagi-pagi, gw scroll instagram, lengkap dengan snapgramnya, disini waktu terbuang sekitar1-2 jam hanya untuk Ig-an, dan ini mata superduper melek, beda klw dipake belajar, belum juga 10 menit, ini mata udah sepet banget haahaa
Gw ubah lagi nih, gw paksain untuk belajar (sok rajin banget gw -_-) , paling tidak berlatih ngisi soal-soal TOEFL, psikotes atau baca buku , bahan kuliah, dan kadang berujung dengan nonton drakor  wkwk
Manfaatnya :  gw bisa tidur dan bangun lebih awal dari biasanya hahaa

Next di kampus ..
Gw mencoba untuk membangun suasana yang lebih hidup, misalnya gw lagi  nongki sama temen2 kampus nih, gw  ajak mereka ngobrol se-intens mungkin, ngalor ngidul, yang penting gimana caranya kita gak diem-dieman sibuk dengan  gadget masing2, tapi ...... it's not easy men -_-
Kesannya itu kaya gak kenal, padahal gw kenal sama dia, dan diapun kenal sama gw.
Gw jadi kaya orang kepo , gw terlalu berusaha untuk tidak memutuskan dialog dengan mereka, jadi tiap mereka diem, gw nanya lagi, ngomong lagi, sampai akhirnya mereka pamit ninggalin gw haahaa
 Ada beberapa orang yang ngerespon, mereka bener2 menghargai gw yang pada waktu itu banyak nanya, dan hasilnya emang enakeun, dari obrolan ngalor ngidul itu kita jadi tahu sedikit kepribadian mereka, story of their life, pengalaman kerjanya, keluarganya dan lain-lain termasuk ghibah hahaa
It's awesome for me, waktu gw lebih produktif, walaupun pas ngampus gak ada dosen, masih ada yang bisa gw bawa ke rumah, yaitu pelajaran dan cerminan hidup. That's considerable!

Gw belum bisa 100% move on dari gadget dan medsos, tapi setidaknya gw udah berusaha untuk mengurangi aktivitas medsos gw, walaupun cuma se-emprit -_-
Gw belum bisa kabur dari semua medsos yang gw punya, karena you know lah .. medsos juga banyak manfaatnya kok, semuanya tergantung dengan cara kita memanfaatkan medsos itu, kita harus mampu mengendalikan medsos, bukan malah dikendalikan sama medsos, cool (red :setuju) ?? (nulisnya udah bener gak yaa ?? itu bahasa korea lho :D )
Udah hampir 6 bulan gw gak main BBM, akunnya gw nonaktifkan, LINE juga udah pernah gw nonaktifkan, cuma gw buka lagi gegara temen2 SMP gw ramenya disana, tapi sampai sekarang itu akun jarang gw cek, soalnya ada di HP mamah, karena HP gw memorinya udah sekarat, maklum cyinn HP zaman old, pengen banget upgrade sama S8 plus , tapi budgetnya gak nahaann hahaa

Mengabadikan momen itu sangat penting, tapi sewajarnya aja lah. Cekrek aplot pas lagi hangout boleh banget, cuma yaa itu, jangan sampai kenikmatan hangout itu kandas gegara lo terlalu sibuk update medsos, atau misalkan pas kuliner, lo sibuk motret, sibuk ngelive, sibuk update, yg akhirnya makanan lo keburu dingin atau abis dimakan temen 😂
Gw otw tobat dari hal-hal alay seperti itu wkwk 
Do'ain gw yaa manteman .. 😘😘😘

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar