Pengalaman Semester 1

Hollaa sobat  blogger!!
Apa kareba semuanya??
Sehat-sehat yoo!! aamiin
Di postingan kali ini aku mau ngeshare pengalaman semester I sebagai mahasiswi  STIA Tasikmalaya Prodi Administrasi Negara, here we go ..

Jadi mahasiswi kelas karyawan emang warbiazza. yang ngerasain mah pasti tahu laa.
Sedikit cerita nih, kampus aku bukan kampus favorit mayoritas , bukan kampus besar kaya PTN-PTN atau PTS-PTS lainnya yang udah punya good will . Kadang aku ngerasa stuck gara-gara ada orang yang nyindir, lebih tepatnya menghina nama baik kampus ini. Ada yang bilang STIA itu Sekolah Tidak Ijazah Ada, ada yang bilang nilainya bisa dibeli dll Atiitt mass atiittt ..
But, aku gak mau kalah sama omongan mereka. Aku usahain gak kaya gituu, gak kaya mereka yang kuliahnya "cuma kuliah" . Walaupun bukan kampus favorit, aku bertekad untuk do the best, niat nyari ilmunya dikuatin, dan tentunya lillaah ..
Aku tergabung dalam kelas B1, kelas karyawan yang mahasiswanya masih pada muda, sangat jauh dari perkiraan. Biasanya kan  kelas karyawan itu mahasiswanya ibu-ibu & bapak-bapak, nah kalau ini mah masih calon ibu-ibu & calon bapak-bapak hehee
Alhamdulillah, gampang banget untuk bisa akrab sama mereka.

Well, back to title guys ..
Di semester 1 ini, semua mahasiswa dikasih beban 24 SKS dengan 9 mata kuliah. Aku gak bakalan banyak bahas materi akademiknya yaa, yang mau aku share  adalah pengalaman pribadi aku sebagai mahasiswi kelas karyawan yang galau haahaa

1.  Pendidikan Agama Islam
Dari nama matkulnya udah gak asing, toh dari SD - SMA materi ini always hadir. Bebannya 3 SKS. Dosennya baik, humoris. Tapi asdosnya agak gimanaa g2, jadi aku pribadi lebih nyaman sama dosen utamanaya , hehe

2. Bahasa Inggris
Matkul ini terdiri dari  3 SKS. Materinya hampir sama seperti di SMK dulu. Dosennya ada 2, Bapak A.. sama Ibu Y...
Tapi aku  lebih suka sama Ibu Y.. , alasannya karena dia tahu kompetensi mahasiswa di matkul ini, terbukti dengan nilai akhir yang didapatkan sesuai dengan usaha dan kompetensi mahasiswa itu sendiri.

3. Pengantar Ilmu Politik
Matkul ini terdiri dari 3 SKS. Jujur aja aku kecewa di matkul yang  satu ini, bukan kecewa sama dosennya, jadwal kuliah kelas karyawan  berubah, yang asalnya hari jumat dan sabtu menjadi hari  selasa, rabu, jumat dan sabtu jadi alasan tersendiri buat aku down, begitu juga dengan nilainya. Kehadiran menjadi salah satu aspek penilaian, apalagi di kelas karyawan, kayanya jadi penentu terbesar deh haahaa
Dosennya masih muda, jadi gak boring.

4. Pengantar Ilmu Ekonomi
Gak tau kenapa hampir semua teman kampus baik yang reguler / karyawan ngerasa kurang nyaman sama matkul yang satu ini. Mungkin karena dosennya yang udah gak muda lagi, mahasiswa jadi kurang semangat. Ditambah nilai akhir yang didapatkan penuh dengan misteri haahaa (lebay bangett kan gw?)

5.Pengantar Ilmu Administrasi
Matkul ini adalah matkul wajib bagi seluruh calon administrator. Di matkul ini  aku sendiri akhirnya tau definisi administrasi yang sebenarnya. Mungkin selama ini kita mengenal istilah administrasi hubungannya itu sama uang. Bener kan?? Nah, di matkul ini semuanya dibahas. Administrasi bukan tentang perkara uang menn, dalam arti sempitnyapun administrasi gak ada hubungannya sama uang. Simpel aja, administrasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tata usaha, itu baru arti sempitnya. Dalam arti luas administrasi memiliki arti kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan.
So, mulai dari sekarang jangan sampai salah ngomong lagi yaa, hal2 yang berbau uang itu bukan administrasi. Dan istilah administrasi tidak seharusnya digunakan untuk sesuatu yang berbau uang. Catettt!!
Oh iyaa, dosen matkul ini dosen favorit aku, ada Bu A.. sama Pak A.. , dua-duanya good . Gak pernah malas untuk masuk kelas mereka, good job sir/miss!!

6. Filsafat Ilmu
Matkul ini mengajarkan kita untuk berfikir sedalam-dalamnya. Apapun yang ada di dunia ini harus kita fikirkan darimana asalnya, bagaimana perkembangannya, sebab akibat dan lain sebagainya. Filsafat mengajarkan kita bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak terlepas dari apa yang kita kerjakan sebelumnya. Simpelnya seperti itu. Dosennya baik, nyantai, gak macam-macam. Cuma ada kalanya bikin ngantuk juga, itu mah sih faktor dari gw nya hohooo

7. Pengantar Sosiologi
Pengalaman di matkul ini hampir sama seperti pengalaman aku di matkul Pengantar Ilmu Politik, gara-gara jadwal kuliah yang berubah, yaa akhirnya kaya gitu  -__-

8. Asas- Asas Akuntansi
Mm..akuntansi yaa?? kebetulan aku anak  Akuntansi, pas SMK aku ngambil jurusan ini, jadi gak asing juga sama istilah-istilahnya. Pas UASpun alhamdulillah, lancar ngeuddddd. Tapi gak tau kenapa sama nilainya, penuh dengan misteri jugaa wkwk
Gagal faham lah sama ini mah :(

9. Pancasila
Kalau matkul ini dosennya hampir sama kaya matkul Pengantar Ilmu Ekonomi. Dosennya udah senior bangettt, jadii .. hehe

Semester satu menjadi awal dari semuanya. Awal kenal sama manteman kelas, dosen, staff kampus, dll. Beda pas zaman SMK dulu, kali ini aku gak ngambil satupun organisasi . Baik HIMA ataupun UKM lainnya. Pengen sihh, cuma lihat sikon lagi, takutnya malah jadi member pasif. Beda lah sama zaman SMK dulu, kalau dulu kan gak ada kesibukan lain, fokusnya sekolah aja. Kalau sekarang kan fokus utamanya kerja, ditambah jam kerja aku yang sesuatuuuu, kayanya susah banget buat ngatur waktu ikut kumpulan ini itu,  malas we ti dituna mah   hahaaa
Masalah nilai, mmm agak males sih kalau ngebahas ini teh , banyak misteri ningg hahaa
Di semester ini IP aku cuma 3,21. Tak apeulah, yang penting ilmunya dapet,  pahalanya dapet. Mampu mengamalkan ilmunya, bermanfat untuk diri sendiri dan orang lain.
Fighting!!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar