4 TAHUN GAK NGEBLOG : APA KABAR?

Udah berapa abad nih gak nulis? Lebih tepatnya gak ngoceh di Blog :D

Now 30 Mei 2022, aku udah nikah sama adinal yang ceritanya sempat aku tulis  disini, udah punya anak juga alhamdulillaah  ..

Dari terakhir aku post diblog ini tahun 2018 , 4 tahun berlalu sungguh banyak sekali memori , kisah senang, sedih, kecewa yang aku alami . Entah berapa juta halaman kalau kisah itu aku abadikan dalam sebuah tulisan. 

Sebenernya bukan gak nengok banget ini blog, sesekali aku nulis tapi semuanya berakhir di draft, begitulah manusia zaman sekarang, banyak melakukan sesuatu setengah-setengah yang akhirnya hasilnyapun setengah-setengah. Eittss ..itu aku yaa, aku percaya kalian mah enggak hehe 

Btw sekarang aku lagi gencar-gencarnya jualan. Kadang suka ngerasa dosa, karena disela-sela jam kantor, aku jualan hahaa. Aku promot di socmed, aku balas chat para pelanggan, kek gitu lah. Meskipun kerjaan aku di kantor gak keganggu, aku tetep tanggung jawab beresin kerjaan aku tepat waktu, tapi kaya ngerasa "selingkuh" aja gituu . Mungkin harusnya aku fokus disatu kerjaan ajaa, tapii yaa untuk saat ini belom bisa milih, karena aku cinta keduanya. Caelahh ...

Sebenernya udah dari April 2018 aku jualan, alhamdulillaah sampai sekarang masih bertahan. Prosesnya gak gampang, perlu kesabaran, konsisten yang luar biasa. Ngatur modal, nentuin profit margin, ngegaet pelanggan , mempertahankan pelanggan dan mental health sesama penjual lebih tepatnya saingan hahayyy

Makin kesini makin banyak penjual baru yang modalnya lebih gede , ngasih harganya lebih murah, dan bner2 harus pinter nyari peluang. Nyari konveksi, nyari distributor dan agen yang ngasih harga sehat, yang tentunya bikin kita untung. Gimana caranya dapet barang yang bagus dengan harga yang ramah dikantong. Disatu sisi pengen banget ngambil keuntungan yang besar, tapi disisi lainnya konsumen pasti menginginkan harga termurahh . Huahhh ..ini sihh beneran bikin pusing. Harus banyak relasi , banyak kenalan yang tentunya amanah . Ada juga pelanggan yang pengen jadi reseller, tapi tapi tapi ...gak konsisten. Maksud hari pengen ngasih harga miring ke para reseller, tapi ada aja yang "curang", dia gak dagang ternyata, dia hanya ingin mendapatkan harga murah padahal produknya dia pake sendiri, geli gak tuh sama orang2 kaya gituu??

Hmm .. berbagai konsep jualan udah aku terapkan. Berhasil kah? 
Ada yg berhasil ada juga yang gagal, ada yang bertahan sampai sekarang ada juga yang enggak .. bener2 belajar seumur hiduupp 

Di tahun 2022 ini aku putuskan untuk menonaktifkan Grup Reseller dengan berbagai alasan. Konsepku saat ini dalam jualan adalah mengambil keuntungan yang gak terlalu banyak, tapi  NGEUREUYEUH alias sedikit demi sedikit closing terusss. Meskipun keuntungannya gak banyak, tapi kalau yg belinya banyak kan hasilnya lumayan :) 

Kenapa grup reseller aku nonaktifkan?? 

Hmm ..jadi begini, profit yang aku ambil gak banyak, sedangkan harga yg aku tawarkan ke reseller lebih murah, otomatis profit yg aku ambil makin dikit, dan di grup itu hanya beberapa orang saja yg konsisten jualan, kebanyakan untuk dipake sendiri. Jadi untuk sementara aku tutup . Meskipun dalam hati ada keraguan, tapi percaya gak? Setalah aku tutup grup ini, insight dari jualan aku meningkat, meskipun enggak yang wahh bangett, gak tau kenapa lebih banyak konsumen baru yang chat sampai closing . Alhamdulillaah bahagia bangettt ..

Aku gak tau kenapa, yang jelas dulu waktu ada grup reseller, aku sering bangett mengandalkan postingan di WA grup dengan harapan para member bisa repost untuk jualan, dan agak jarang post dimedsos pribadi, posting iya tapi gak bikin caption seditail mungkin, termasuk harga. Nah sekarang ini hampir tiap hari aku update promot di medsos, lengkap dengan detail spesifikasi dan harga produk yang aku cantumkan. 

Daaann ..anehnya lagiii makin banyak orang baru yg chat aku, yang tertarik untuk jualan dan belanja grosir. Anatara anehh dan seneng ... dulu post di medsos tanpa mencantumkan harga dengan alasan dan harapan banyak orang yg kepo terus ada tindak lanjut dari mereka, bisa tawar2 harga jugaa sekalian tes pasar, tapii di akuu, di jualan akuu di pengalaman akuu cara seperti itu gak bisaa, gak berlaku, gak cocok.

Emang bener sihh, kalau belajar itu gak cukup teori ajaa, tapi harus langsung praktek, kita jadi tau dan ngerasain , eksperimen sendiri, gagal dan sukses adalah bonus agar kita terus belajar dan menjadi lebih baik. 

4 tahun jualan belum bisa bikin bisnis yang besar, hasilnya juga belum wahhh. Kalau liat di socmed banyak banget orang yang kayanya sebulan dua bulan ngerintis usaha ehh langsung jadi unicorn, kalau ngebanding mah jauh bangett , bagaikan bumi dan langitt. Kok bisa yaa mereka kaya gittuu? Kok aku usahanya gini-gini ajaa?? Cappeeee bossss ... tapi dijalanin aja terus, terutama bersyukur dengan harapan mudah2an one day jualanku ini, bisnisku ini bisa makin maju, hasilnya juga lebih berkah. 

Untuk saat ini aku masih suka dengan kerjaan aku dikantor, aku juga makin suka dengan jualan. Belum bisa menentukan mana yang lebih aku cintai, karena 22nya juga menghasilkan ,,,wkwkwk
Gillaaaaaa ..jujur bangett kan akuu disini 

Melihat bisnis besar orang-orang diluar sana pastinya bikin ngilerrrr dan gak sabar pengen bangeeett ada diposisi mereka, soon!! Tapii ... jangan sampai kita lupa bersyukur, apa yang kita dapatkan hari ini sekecil apapun pasti ini adalah yang terbaik untuk kita. Gini bestie, aku kalau lagi bagus imannya selalu berpendapa bahwa ketika kita belum ada diposisi besar, diposisi tinggi katakanlah sukses, mungkin mental kita belum siap dan Allah tahu bangettt, mungkin ajaa kita belum pantas untuk ada diposisi itu. Mental kita, attitude kita, Allah nyuruh kita untuk menyiapkan diri, jadi kalau nanti ditakdirkan untuk menjadi orang besar, orang yg sukses kita gak lupa diri, kita gak sombong. Gitulah pokoknya ,,, makannya siapin aja duluu, belajar lagii buat jadi orang yang akin bersyukur, makin rendah hatii, makin baik, makin bijak dan bener2 menjadi hamba allah seutuhnya. 

Ngerti gak sihh pendapat akuu?? agak rancuu sihh kalimatnyaa, tapi semoga kalian yang baca ini faham, maklum lahh penulis amatirr, yang pengen curhat, pengen mengutarakan perasasaan dan pengen berbagi pengalaman tapi belom PD kalau harus dipublish di medsos besar kek IG/ FB. Gak siap dapet feedbcak negative aku,, kalau disini kan paling orang2 tertentu aja yang gak sengaja baca . 

Dan ini akan jadi memori perjalanan aku yang one day bisa aku atau siapapun baca lagi ketika bisnis aku, karir aku bener2 sukses. Aamiin .. 



Selagi usaha jujur, lillaahita'alaa, berdoa dan ibadah teruss, ada dijalan yang lurus insya allah dunia dan seisinya dikasih haha 

Tapi bener kan?? Apa sihh yang gak mungkin bagi Allah??
Tapi ...sekali lagi, Allah bakalan ngasih yang terbaik. Termotivasi boleh, terinspirasi bolehh , kalau memang apa yg Allah berikan tidak sesuai yang kamu impikan, terimaa dengan lapang dada, tawakal .lebih bersyukur insya allah bahagia lahir dan bathin :)

Buat kalian yang lagi ngerintis usaha, yang lagi nyari kerja atau yang baru meniti karir didunia kerja bersemangatlah, usaha dan doa terusss, iri boleh tapi jangan keterusan ,,wajarlah kita merasa iri liat orang2 diluarsana keknya gak punya kesulitan, keknya gampang banget buat sukses. Sekali lagii jangan keterusannn ... bangkitt dan mulailah hal2 kecil, lakukan hal-hal produktif, jangan hanya berdiam diri jadi penonton dan komentator. 

Kita juga bisa, dengan cara dan jalan masing2. 

Semangatttt!!!






Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar